Mobil Bekas

10 Jul 2014

Untuk membeli mobil bekas sekarang ini bisa dikatakan sangat mudah. Hal ini dikarenakan informasi yang sangat mudah didapatkan seperti melalui jejaring social atau situs jual beli online selain datang langsung ke delaer mobil bekas. Karena anda ingin membeli mobil bekas yang notabene telah digunakan orang lain sebelumnya maka hal yang harus anda ketahui adalah segala informasi terkait dengan mobil tersebut. Berbeda jika membeli mobil baru yang kondisinya sudah di jamin oleh setiap pabrik pembuatnya. Nah untuk itu disini saya akan sedikit memberikan tips untuk anda yang akan membeli mobil bekas.

Jangan beli mobil formal yang kacanya pernahh diganti kecuali bisa dipastikan kaca terpasang adalah khusus buat mobil. Pecahnya kaca mobil saat dikendarai aman untuk kulit sementara yang abal-abal bisa menusuk tajam penumpang. Kaca mobil biasa ada samblon tulisan merk mobil di pinggir-pinggir. Kalau tak ada lupakan buat dibeli. Pastikan lebar nat antara pintu dan kusen sama lebar di sekeliling semua pintu. Bila beda boleh jadi sudah dilas tambahan atau dempul; artinya pernah nabrak atau hancur. Talang air di atas pintu yang telah berkarat tanda mobil tak punya garasi pribadi atau cuma carpot yang sering tampias hujan. Pastikan pintu saat ditutup rata dengan body bukan menonjol. Buka kap mesin dan pintu bagian dalam cari stiker-stiker terpasang. Bila tak ada/ hilang biasa sudah ditutup cat ulang.

Cat ulang juga bisa ditwliti dari kualitas bayangan orang di body cat atau bisa dilihat di karet sil kaca dan pintu. Cat ulang biasa kenai karet walau sedikit pasti tampak. Buka karpet untuk melihat lantai utuh ata keropos.ng terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperlihatkan bahwa kita sudah tahu apa yang akan dibelanjakan dan kita sedang mencari mobil dengan merek tertentu yang memiliki manfaat seperti yang kita inginkan. Jangan pernah langsung membeli mobil tanpa lebih dulu mempertimbangkannya, walaupun jika mobil itu diiming-imingi diskon murah sekalipun. Mobil dengan harga murah belum tentu bisa memenuhi kebutuhan Anda. Tidak perlu terburu-buru. Lihat semua pilihan yang tersedia. Gabungkan seluruh informasi dari dealer-dealer mobil yang sudah Anda kunjungi dan bandingkan harganya satu sama lain.

membeli mobil bekas tentunya anda pernah bingung kan bagaimana caranya memilih mobil bekas yang bagus? Karena seringkali pembeli mobil bekas luput untuk memperhatikan aspek-aspek yang penting yang harus diperhatikan sebelum memboyong mobil bekas tersebut ke rumah. Jika anda salah memilih maka tidak mobil bekas yang memiliki performa bagus yang anda dapatkan melainkan mobil bekas yang kesakitan yang harus sering anda bawa ke bengkel. Tentunya biaya perawatan untuk memperbaiki mobil bekas tersebut cukup besar. Oleh karena itu menurut Mas Sena penting sekali untuk mengetahui tips membeli mobil bekas biar anda bisa senang dan puas dengan mobil bekas yang anda beli.

Berikut adalah beberapa tips membeli mobil bekas yang patut anda pertimbangkan :

1. Mengetahui kondisi fisik mobil

Anda perlu untuk mengecek kondisi fisik mobil, bila perlu membuka bagasi serta mengintip lapisan body mesin bagian dalam. Tentunya hal tersebut akan menjadi nilai tambah apabila kondisi fisiknya masih prima.

2. Cek kondisi mesin

Untuk mengetahui kondisi mesin masih mempunyai performa yang baik anda perlu melakukan test drive. Anda bisa mengecek dengan teliti mulai dari perpindahan perseneling, suara mesin dan getaran mesin, engine mounting, hentakan kopling ketika melaju serta kelistrikan. Perlu juga untuk anda perhatikan kondisi kelistrikan mulai dari lampu rem, lampu utama, AC, kontak engine dan lain sebagainya. Apabila anda awam di bidang ini, maka sebaiknya anda mengajak orang yang ahli di bidang tersebut bersama anda. Oh, iya perlu juga untuk menjajal mobil tersebut pada jalan berlubang agar bisa diketahui berapa besar kelenturan shock breaker mobil beks tersebut.

3. Mengetahui keabsahan berkas penjualan
Sebaiknya anda mengusahakan agar memilih mobil yang memiliki surat menyurat yang sah baik masa pajak, kesamaan nomor rangka dan mesin hingga faktur jual beli. Hal tersebut cukup penting karena faktur jual beli ini bisa sebagai sarat penjaminan asuransi kendaraan serta catatan kepolisian bahwa kendaraan yang Anda beli memang benar-benar telah dipindah tangankan alias dijual secara sah. Jika berkas tersebut tidak ada maka anda berhak meminta potongan harga dari harga mobil yang ditawarkan penjual.

4. Ketahui tahun pembuatan mobil
Hal ini juga cukup penting karena biasanya semakin uzur usia suatu mobil maka harganya pun akan lebih murah dibandingkan mobil dengan tahun pembuatan yang lebih muda.

5. Mengetahui harga pasaran mobil tersebut
Dengan mengetahui harga pasaran suatu mobil, maka anda tidak akan mendapatkan harga mobil bekas yang kemahalan. Anda bisa membandingkan harga yang ditawarkan dengan harga jual yang dibanderol sebuah dealer. Jika sesuai dengan harga pasaran dan kondisi keuangan anda maka anda bisa memutuskan membelinya atau tidak.


TAGS Mobil Bekas


-

Author

Follow Me